Kitab mutammimah

          BAB MENGENAL TANDA-TANDA IKRAB
PADA RAFA' ADA EMPAT TANDA
•dhammah
•waw
•alif
•nun
Dhammah adalah asal yakni paling sering di pakaikan
Sedangkan yang lainnya adalah ganti dari pada dhammah
#dhammah menjadi tanda bagi rafa' pada empat
1.pada isim mufrad,baik itu isim mufrad yang menerima tanwin dan kasrah ataupun tidak menerima keduanya seperti قال الله ، اِذ قال ابراهيم ، و اذ قال موسي
2.pada jamak taksir,yang munsarif atau selain munsarif,seperti قال اصحاب موسي ، و مساكن ترضونها ، و من اياته الجواري
3.pada jama muannas salim dan kalimat yang pertangguhkan kepada jamak muannas,seperti  اذا جأك المؤمنات ، و أولات الاحمال
4.pada fi'il mudhari' yang tidak bersambung fi'il dengan nun inas dan waw jamak,seperti نرفع درجات من نشاء ، و الله يدعوالي دار السلام
#waw menjadi tanda bagi rafa' pada dua tempat
1.pada jamak muzakkar salim dan kalimat² yang ditangguhkan kepada jamak muzakkar,seperti و يومئذ يفرح المؤمنون ، و ان يكن منكم عشرون صابرون
2.pada isim yang enam

Isim yang enam adalah ابوك ، اخوك ، حموك ، فوك ، هنوك ، ذو مال
seperti قال ابوهم ، ليوسق واخوه احب الي ابينا منا
وهذا فوك وهنوك وانه لذو علم
#alif menjadi tanda bagi rafa' pada tasniah dan kalimat² yang ditangguhkan kepada tasniah,seperti قال رجلان ،
 و ان عدة الشهور عند الله اثنا عشر

#nun menjadi tanda bagi rafa' pada fi'il mudhari' apabila bersambung dengan dhamir tasniah,seperti و النجم والشجر يسجدان
dan apabila bersambung dengan dhamir jama',seperti
 اتبنون بكل ريع اية تبعثون و تتخذون مصانع
 لعلكم تخلدون  ، 
Dan apabila bersambung dengan dhamir muannasah mukhathabah, seperti أ تعجبين من امر الله

PADA NASAB ADA LIMA TANDA
•fatah
•alif
•kasrah
•ya
•buang nun

Fatah adalah asal
Sedangkan yang lain adalah ganti dari fatah

#fatah menjadi tanda bagi nashab pada tiga tempat
1.pada isim mufrad,baik itu munsarif atau selain munsarif,seperti و اتقو الله ،
 ووهبنا له اسحاق و يعفوب
و اذ وعدنا موسي
2.pada jamak taksir ,yang munsarif atau selain munsarif,seperti و تري الجبال  ، وعدكم الله مغانم ، و انكحوا الايامي
3.pada fi'il mudhari' apabila masuk a'mil nashab padanya dan tidak bersambung akhir dengan sesuatu yang diwajibkan kepada bina atau naqal ikrab,seperti لن ينال الله لحومها و لا دماءها

#alif menjadi tanda bagi nashab hanya pada isim yang enam ,seperti ما كان محمد ابا احد من رجالكم  ،
 نحفظ اخانا و رايت حماك وهناك
ان كان ذامال

#kasrah menjadi tanda bagi nashab hanya pada jamak muannas salim dan kalimat² yang dipertangguhkan diatasnya ,seperti خلق الله السموات ، وإن كن أولات حمل

#ya menjadi tanda bagi nashab pada dua tempat
1.pada isim tasniah dan kalimat² yang ditangguhkan diatasnya,seperti
 ربنا وا جعلنا مسلمين لك
اذ ارسلنا اثنين
ربنا امتنا اثنتين
2.pada jamak muzakkar salim dan kalimat yg ditangguhkan di atasnya,seperti
ننجي المؤمنين
و واعدنا موسي ثلاثين ليلة

#buang nun menjadi tanda bagi nashab hanya pada fi'il yang lima,seperti
ان تصوم خير لكم

PADA KHAFADZ ADA TIGA TANDA
•kasrah
•fatah
•ya

Kasrah yang menjadi asal,yang lainnya adalah ganti kasrah

#kasrah menjadi tanda bagi khafadz pada tiga tempat
1.pada isim mufrad yang munsarif,seperti
بسم الله الرحمن الرحيم
أولئك علي هدي
2.pada jamak taksir munsarif,seperti
للرجال نصيب مما اكتسبو
3.pada jamak muannas salim dan kalimat yg ditangguhkan diatasnya,seperti
قل للمؤمنات
مررت بأولات الاحمال

#ya menjadi tanda bagi khafadz pada tiga tempat
1.pada isim yang enam,seperti
ارجعو الي ابيكم
2.pada isim tasniah dan kalimat² yang ditangguhkan kepadanya,seperti
حتي ابلغ مجمع البحرين
مررت باثنين
3.pada jamak muzakkar salim dan kalimat² yang ditanguhkan kepadanya,seperti
قل للمؤمنين
فاطعام ستين مسكينا

#fatah menjadi tanda bagi khafadz pada isim² yang tidak menerima tanwin dan harkat kasrah,baik itu mufrad atau jamak taksir
*contoh mufrad
و اوحينا الي ابراهيم و اسماعيل
فحيوا باحسن منها
*contoh jamak taksir
من محاريب
Kecuali apabila diizhafahkan atau ber alif lam

PADA JAZAM ADA DUA TANDA
•sukun
•buang
sukun adalah asal , buang adalah ganti dari sukun

#sukun menjadi tanda bagi jazam pada fi'il mudhari' shahih akhir yang tidak ada nun inas dan waw jamak pada akhirnya
Seperti
لم يلد و لم يولد ولم يكن له كفوا احد

#buang menjadi tanda bagi jazam pada fi'il mudhari' yang ada huruf ilat pada akhirnya
seperti
لم يخش الا الله
و من يدع مع الله
من يهد الله
dan pada fi'il yang lima..

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kitab mutammimah bab tegah saraf

Kitab mutammimah isim a'lsm

Kitab mutammimah bab nakirah dan makrifah